Sabtu, 12 Mei 2012

cara melindungi mata

Banyak pekerjaan yang mengharuskan Anda berhadapan dengan komputer. Bahkan tidak jarang Anda harus menghabiskan lebih dari setengah hari untuk menatap layar komputer terus-menerus. Jika demikian, maka sebaiknya Anda mulai menjaga kesehatan mata dengan cara yang lebih baik. Berikut ini ada berbagai tips untuk melindungi mata Anda ketika bekerja dengan komputer selama berjam-jam seperti yang dilansir dari OurVanity (24/03).

Mengelola pekerjaan
Mengelola pekerjaan di sini adalah mengatur cahaya yang cukup ketika bekerja, tidak terlalu gelap maupun terlalu terang. Menjaga jarak antara mata dan layar komputer juga penting untuk melindungi mata, selain itu atur kontras pada komputer dan jaga agar layarnya tetap bersih dari debu. Apabila Anda tidak bisa memandang ikon pada layar komputer, maka perbesar ikon tersebut dan hindari mendekatkan mata dengan layar komputer terlalu sering.

Beristirahat
Meskipun Anda melakukan tugas penting dalam tenggat waktu, namun Anda harus tetap ingat untuk mengistirahatkan mata Anda setiap setengah sampai satu setengah jam sekali selama lima sampai sepuluh menit. Pandang objek lain selain layar komputer atau berdiri dan bergerak selama beberapa menit agar mata tetap bugar.

Senam mata
Senam mata juga bisa Anda lakukan di sela-sela pekerjaan dengan komputer untuk menjaga agar fungsi mata tidak menurun.

Memijat mata
Selain senam mata, Anda juga bisa memijat mata dengan kedua telapak tangan Anda dengan pelan. Rasakan kehangatan yang diberikan oleh telapak tangan Anda sendiri untuk membuat mata menjadi lebih rileks. Anda juga bisa melakukan tips ini untuk mengatasi mata yang terlalu lelah.

Lebih sering berkedip
Berkedip akan menghindarkan mata dari kering dan iritasi, maka dari itu Anda harus sering berkedip jika bekerja di depan komputer.

Gunakan obat tetes mata
Jika terlalu sering berkedip membuat Anda terganggu, Anda bisa menggunakan obat tetes mata untuk menjaga agar mata tidak cepat kering.

Tips di atas bisa Anda praktikkan ketika bekerja di depan layar komputer seharian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar