Kamis, 17 Mei 2012

tips mengatasi insomnia


Imsomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Pada tulisan ini kita akan mencoba membahas tentang cara mengatasi insomnia secara alami. Banyak sekali orang mengeluh susah tidur pada malam hari. Anda yang susah tidur jangan khawatir, saya punya cara mengatasi insomnia.

cara mengatasi insomnia memang membutuhkan ketelatenan. Imsomnia bisa di alami oleh siapa saja, baik yang muda maupun yang sudah tua. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis akan diperlukan. Salah satu terapi psikologis yang efektif menangani insomnia adalah terapi kognitif. Dalam terapi tersebut, seorang pasien diajari untuk memperbaiki kebiasaan tidur dan menghilangkan asumsi yang kontra-produktif mengenai tidur.

Dalam tulisan ini akan dibahas beberapa cara mengatasi insomnia, baik cara mengatasi insomnia untuk lansia dan juga kepada mereka yang masih muda, dan tentu cara menghindari insomnia yang akan dibahas merupakan cara yang paling alami.

Dibawah ini adalah tips mengatasi Insomnia. Berbagai cara mudah anda lakukan secara alami tanpa menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia yang bisa membuat anda menjadi ketrgantungan.

1. Mandi Air Hangat.
Mandi air hangat sebelum tidur sangat membantu untuk menurunkan ketegangan otot-otot tubuh yang anda rasakan. Pikiran anda bisa segar dan rileks kembali tanpa ada pikiran yang yang mengganggu kenyenyakan tidur anda.

2. Lakukan Aktivitas Yang Membosankan.
Aktifitas yang membosankan akan membantu anda untuk bisa cepat tidur. Lakukan aktifitas yang tidak anda pernah sukai secara berulang-ulang hal itu bisa membantu anda cepat ngantuk. Jika anda sulit tidur jauhilah untuk menonton TV, mendengarkan radio atau musik karena hal itu akan membuat anda tidak akan bisa tidur. Aktivitas yang seperti itu akan membuat anda semakin sulit bisa tidur.

3. Terapi Refleksi.
Terapi refleksi bisa digunakan oleh anda untuk bisa menenangkan pikiran anda dan membuat anda bisa tidur nyenyak . Terapi refleksi secara harfiah adalah pengobatan secara spontan atau tak sengaja.
Sebenarnya zona refleksi ini terdapat di seluruh tubuh, tapi lazimnya terdapat di kaki dan tangan, terutama pada telapaknya. Zona atau daerah refleksi ini merupakan titik pusat urat saraf, di mana titik-titik tersebut berkaitan erat dengan organ-organ tubuh tertentu. Apabila daerah tersebut dipijat, sirkulasi darah pada organ yang bersangkutan menjadi lancar. Jika sirkulasi darah lancar, tubuh akan lebih sehat. Jika tubuh kita terasa sehat akan mudah untuk tidur nyenyak. Terapi refleksi merupakan cara yang mampu untuk mengatasi imsonia kronis.

4. Tempat Tidur Yang Nyaman.
Tempat tidur juga mempengaruhi bagimna anda bisa tidur atau tidak. Tidur anda bisa terganggu dengan keadaan kamar yang kurang nyaman. Penataan kamar yang tidak karuan juga bisa membuat anda susah tidur. Aturlah kamar anda sebersih dan senyaman mungkin, sehingga anda bisa tidur dengan nyenyak.
5. Hindari Kafein.
Minum minuman yang mengandung kafein tidak baik juga unuk kesehatn. Dengan sering minum kafein anda akan kesulitan tidur, mekipun bisa tidur kemungkinan besar anda terjaga  di tengah malam. Hindari kafein dalam segala bentuk setelah makan siang (kopi,the,coklat,cola dan beberapa minuman ringan lainnya yang mengandung stimulan ini, begitu pula obat-obatan yang dijual bebas atau harus ditebus dengan resep dokter, periksalah label komposisinya).

5. Aktivitas Hipnotis Diri Sendiri.
Hipnotis pada diri sendiri juga dibutuhkan dalam mengatasi imsonia. Aktifitas hipnotis bisa dilakukan dengan cara membayangkan citra monoton yang terus menerus bisa membantu anda mengantuk.

6. Kurangi tidur siang.
Tidur siang bisa membuat anda tidak bisa tidur malam. Betapapun ngantuknya anda kurangi untuk tidur siang. Hal ini akan menusahkan anda tidak bisa tidur waktu malam hari.

7. Hilangkan semua kecemasan.
Kecemasan ketika tidur buanglah jauh-jauh karena hal itu bisa membuat anda sulit tidur. Jangan biarkan diri Anda memikirkan masalah ataupun kesalahan yang telah anda perbuat tadi siang. Buatlah rileks pikiran anda agar bisa cepat tidur. Bangun pagi segar dan bisa berktivitas sesuai yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar