Selasa, 15 Mei 2012

cara mengobati insomnia


Cara menyembuhkan susah tidur atau yang sering disebut dengan insomnia. Orang yang mengalami insomnia biasanya akan mengalami gangguan saat tidur kalau pun jika sudah tertidur tetapi tidak nyenyak. Hal ini sangat membahayakan tubuh, karena dengan istirahat yaitu tidur kita memperbaiki sel sel tubuh yang rusak. Contohnya jika kita tidak tidur pasti badan terasa sangat capek dan pegal pegal. Hal ini sangat mengganggu aktivitas tentunya oleh karena itu kita harus mengetahui penyebab susah tidur insomnia.
Di bawah ini ada informasi lengkap tentang penyakit insomnia. Dari jenis penyakit, penyebab insomnia, dan tips mengatasi insomnia.
Ada 3 jenis penyakit insomnia :
1. Susah tidur (sleep onset insomnia)
2. Terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia)
3. Bangun lebih cepat (early awakening insomnia)
Beberapa penyebab insomnia adalah sebagai berikut :
1. Masalah psikis yang terganggu. Walaupun dapat menyerang semua usia tapi kebanyakan meningkat seiring usia. Ini mungkin dikarenakan semakin bertambah tua biasanya orang bertambah stres.
2. Memiliki penyakit yang memang dapat mengganggu tubuh seperti asma, demam dll.
3. Lingkungan tempat tinggal yang memang menganggu. (tetangga ribut, lampu menyala)
4. Mempunyai kebiasaan buruk seperti minuman keras, kopi menjelang tidur dsb.
5. Menggunakan ranjang untuk kegiatan lain seperti bekerja, membaca buku. Gunakan ranjang hanya untuk tidur. Supaya kalau tidur bawaannya ya ngantuk bukannya insomnia.
Menurut penelitian penyakit insomnia ini lebih prefer kepada wanita. Seorang wanita akan lebih besar prosentasenya untuk terserang penyakit insomnia.
Jika sudah tahu penyebab susah tidur kamu . Sekarang sudah saatnya kamu membaca paragaf selanjutnya tentang…
Hmm, kalau sudah mengetahui jenis jenis penyakit insomnia dan penyebab penyebab insomnia selanjutnya yaitu Cara mengatasi susah tidur atau insomnia.
Cara Mengobati Insomnia
1. Relaksasi diri. Karena stres dapat menyebabkan insomnia
2. Mandi air hangat sebelum tidur sebelum tidur
3. Melakukan hal yang dapat membuat kamu berkonsentrasi secara berulang seperti menghidung domba, menghitung angka dari 1 sampai 10.000. Lakukan itu dalam keadaan terpejam (Seperti di film kartun.. Hehe..)
4. Mendengarkan musik yang tenang atau mendengarkan radio.
5. Hindari makan dan minum (terutama kopi) dalam jumlah banyak sebelum tidur. Tapi disarankan makan makanan ringan yang mengandug sedikit karbohidrat.
6. Tidurlah dalam keadaan lingkungan nyaman. Matikan lampu! Hilangkan suara yang mengganggu
7. Tidur dengan waktu yang teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar